Dapurnya Mrs.Netta

Ini adalah resep sehari-hari yang biasa aku pake. Semuanya simpel. Sumbernya macem-macem. Dari mamaku,dari suamiku,dari internet malahan ada resep yang aku kira-kira sendiri. Rasanya sih menurut aku gak ada yang aneh,jadi kalau ada yg coba-coba ikutin trus rasanya jadi aneh,ya maap beribu maap... Trus, untuk resep yang belom ada potonya, biasanya belom sempet dipoto udah diabisin duluan sama makhluk penghuni apartemenku, makanya kadang-kadang ada resep tanpa poto, hehehehe..

My Photo
Name:
Location: Charlottesville, Virginia, United States

I'm 24 years old, trying to be the best homemaker for my hubby and my bubba, Attar Radinka A. Zahran...

Friday, February 10, 2006

Semur Betawi

Bahan :
  • 400 gr daging sapi, potong persegi
  • 3 buah tahu putih, potong jadi 12 bagian
  • 2 buah kentang, potong jadi 8 bagian
  • 1 papan tempe, potong persegi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 150 ml kecap manis
  • 100 ml air

Bumbu haluskan :

  • 3 bh bawang merah ukuran besar
  • 3 bh bawang putih
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bulat
  • 1/4 sdt ketumbar

Cara membuat :

  • Goreng tahu sampai kecoklatan, sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daging aduk rata lalu tambahkan air dan daun salam.
  • Masukkan kentang dan tempe, aduk rata.
  • Masukkan kecap manis, garam dan gula pasir, aduk rata.
  • Masukkan tahu yang telah digoreng, aduk rata.
  • Masak sampai air kental dan agak kering.

Biasanya, bumbunya suka ditambah cinnamon (kayu manis), cengkih dan jinten. Berhubung aku gak suka bau tiga bumbu itu, jadi gak aku pakein. Kalo menurut aku, rasanya enak-enak aja kok and suamiku bilang semurnya enak, hehehe... Malahan, kalo aku pakein tiga bumbu tambahan itu, aku malah jadi mual. Trus, intinya semur betawi itu, ada di kecap. Kalo di indonesia, aku perhatiin, kalo orang betawi bikin semur, kecapnya bisa 1 botol untuk sepanci semur, dan kecap yang dipake, katanya bukan yang bermerk terkenal kaya ABC atau Bango, tapi merk biasa yang klo gak salah dibotolnya ada gambar angsa. Tapi, gak tau juga deh. Pokoknya, hidup semur betawi..!! (loohh..??)

Sumber : Resep mama plus modifikasi sendiri.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Hi! Just want to say what a nice site. Bye, see you soon.
»

6:59 AM  
Anonymous Anonymous said...

HI..kita tetangga yah..Im in Richmond! and thanks for the receipe!

12:04 PM  

Post a Comment

<< Home